Kamis, 07 Januari 2016

ARTIKEL ILMIAH - METODE PENELITIAN KUALITATIF PGSD

Artikel Ilmiah ini berisi tentang Metode Penelitian.
Artikel Ilmiah ini merupakan bagian dari artikel saya yang berjudul

NILAI KARAKTER DALAM BUKU CERITA ANAK BERJUDUL GADO-GADO RASA MATEMATIKA KARYA GOL A GONG DAN TIAS TATANKA


semoga bermanfaat y.... :-)



METODE PENELITIAN

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif.
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll., secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah ( Moleong, 2013: 6).

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif karena peneliti ingin menganalisis nilai karakter dalam sebuah buku yaitu buku cerita anak berjudul Gado-Gado Rasa Matematika Karya  Gol A Gong dan Tias Tatanka. Yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah prosedur analisis bukan prosedur statistik. Penelitian kualitatif menggunakan prosedur analisis, sehingga pendekatan penelitian kualitatif cocok digunakan untuk penelitian ini.
Penelitian ini dilakukan di kampus Universitas PGRI Semarang, dan kost serta rumah peneliti. Sedangkan wawancara untuk pengumpulan data dilakukan di rumah salah satu guru kelas V SD N Cluwuk (Bapak Sarjana, S.Pd) yaitu di Dk. Kedombang Ds. Kebumen Kec. Tulis Kab. Batang Jawa Tengah dan di rumah orang tua dari salah satu siswa SD N Cluwuk (Ibu Rauti) yaitu di Ds. Cluwuk Kec. Tulis Kab. Batang Jawa Tengah.
Sumber data adalah subjek dari mana data diperoleh. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh cerita  pada buku cerita anak yang berjudul Gado-Gado Rasa Matematika Karya  Gol A Gong dan Tias Tatanka. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kutipan-kutipan dalam buku cerita anak tersebut .
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara merupakan salah satu teknik pengumpulan data dilihat dari segi cara. “Wawancara ini digunakan sebagai teknik pengumpulan data karena peneliti ingin melakukan studi pendahuluan untuk menemukan permasalahan yang harus diteliti, dan juga apabila peneliti ingin mengetahui hal-hal dari responden yang lebih mendalam” (Sugiyono, 2010: 317). Jadi peneliti melakukan wawancara kepada Bapak Sarjana, S.Pd (guru SD N Cluwuk, desa Cluwuk Kec. Tulis Kab. Batang) dan Ibu Rauti (orang tua wali murid SD N Cluwuk). Wawancara ini bertujuan untuk mendapatkan isu permasalahan yang akan dijadikan sebagai latar belakang. Dokumentasi dalam penelitian ini dilakukan dari buku cerita anak yang berjudul Gado-Gado Rasa Matematika karya Gol A Gong dan Tias Tatanka. Kemudian buku cerita itu dianalisis menggunakan tabel data. Berikut adalah gambar tabel data:
Tabel 1
Tabel Data
Karakter  :
No.
Kalimat
Halaman





Cara pengujian kredibilitas data hasil kualitatif ini dilakukan dengan tekhnik membaca ulang, ketekunan pengamatan, konsultasi, dan diskusi teman sejawat. Dan dalam menganalisis data ini dilakukan tahap-tahap sebagai berikut: 1) Membaca buku cerita anak berjudul Gado-Gado Rasa Matematika karya Gol A Gong dan Tias Tatanka, 2) Menganalisis nilai karakter pada buku cerita anak berjudul Gado-Gado Rasa Matematika karya Gol A Gong dan Tias Tatanka, 3) Melakukan konsultasi kepada pembimbing 1 dan II untuk melihat hasil  analisis nilai karakter pada buku cerita anak berjudul Gado-Gado Rasa Matematika karya Gol A Gong dan Tias Tatanka, 4) Menyimpulkan hasil analisis nilai karakter pada buku cerita anak berjudul Gado-Gado Rasa Matematika karya Gol A Gong dan Tias Tatanka.



2 komentar:

  1. Apik-apik....alumni SMK 1 Batang memang membanggakan...ayoo terus berkarya...

    BalasHapus
  2. Ini cuplikan skripsi mbak ya... hehe...

    BalasHapus