Senin, 18 Januari 2016

PRAMUKA MENGEMBANGKAN KARAKTER BANGSA



 Pramuka ..Yes.....
    Pramuka...Oke...
      Pramuka..... Pokoke


            Pramuka di Indonesia sangat luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan pendidikan kepramukaan dari SD hingga Perguruan Tingi. Pramuka Sudah dikembangkan melalui jalur pendidikan. Hingga Indonesia memiliki anggota pramuka yang cukup banyak.
            Pramuka Menanamkan kemandirian. Di dalam pramuka diajarkan bagaimana menjadi generasi penerus bangsa yang  mandiri. Tidak hanya menunggu ,akan tetapi mencari. Dapat membuat apapun menjadi serbaguna. Mampu menjadi pemuda yang mampu bertahan hidup dengan keadaan yang apa adanya dan terbatas.hal tersebut tampak ketika perkemahan.
            Pramuka menjadikan generasi penerus bangsa yang pemberani. Contohnya, ketika jejak malam diadakan uji nyali. Hal tersebut membuat banyak siswa menjadi berani terhadap kegelapan malam. Berani mengambil resiko, walaupun sebenarnya takut. Dan masih banyak lagi buktinya.
Menurut saya, pramuka Indonesia harus dikembangkan pada semua jenjang pendidikan. Karena pramuka menunjang pengembangan karakter bangsa. Banyak karakter di dalamnya seperti Iman dan taqwa, cinta alam, cara berinteraksi, Kesopanan, kemandirian, keberanian, kedisiplinan,dan lain-lain. Karakter-karakter tersebut tampak pada Dasa Dharma pramuka.
Bagi pemerintah, kalau bisa kepramukaan menjadi pelajaran wajib di jenjang SD – SMA dan  Perguruan Tinggi khusus kependidikan. Menurut saya hal tersebut strategi yang tepat untuk pengkaderan sehingga pramuka menjadi  berkembang dan pada akhirnya akan mengembangkan karakter bangsa.
Bagi para pembina, jadilah pembina yang menyenangkan dan memotivasi. Buatlah pramuka menjadi wahana pendidikan dan juga wahana hiburan bagi angggotanya. Jangan buat pramuka memiliki kesan keras, galak, dan menakutkan. Buatlah pramuka sebagai lahan kreativitas, sehingga para generasi muda Indonesia menjadi penuda yang kreatif dan Inovatif.
Bagi para anggota pramuka, tetap bersemangat dan bekerja keras untuk mengembangkan pramuka Indonesia. Hingga mampu menunjang Indonesia menjadi Negara Emas yang berkarakter.

                                    By.Ismawati / 10120207/ 4D PDSD/ IKIP PGRI Semarang

PRAMUKA...PRAMUKA...PRAMUKA....YES........
PRAMUKA ....JAYA...........
           
           
           
           
           

           

1 komentar: